Ingin Masuk IPB? Ini 4 Jalur Diantaranya



IPB (Institut Pertanian Bogor) merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka yang ada di Indonesia yang berada di kota hujan, Bogor. Perguruan tinggi dengan kajian ilmu pertanian sebagai kajian unggulan utama ini, menjadi pilihan bagi banyak mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia sebagai jenjang lanjutan setelah SMA. Terakreditasi sangat baik (A) menjadi salah satu daya tarik utama dari perguruan tinggi ini. calon mahasiswa yang ingin masuk ke IPB, dapat menggunakan beberapa cara.

Pertama, SNMPTN IPB. Dari jalur tersebut Anda yang berasal dari SMK, SMA ataupun dari MA dapat melakukan pendaftaran langsung di situs yang disediakan oleh pemerintah. Di situs tersebut, Anda harus mendaftar sebelum akhirnya diseleksi oleh panitia karena harus memenuhi persyaratan tertentu untuk dapat masuk ke Institut pertanian Bogor. Untuk jalur ini, Anda harus memiliki nilai yang cukup tinggi karena diikuti oleh pelajar dari seluruh Indonesia.

Kedua adalah SBMPTN. Jalur ini sama dengan jalur SNMPTN yang berskala nasional dan jika Anda masuk dengan cara ini, Anda harus mengikuti tes tertulis terlebih dahulu. Anda harus mendaftarkan diri Anda dengan cara mendaftar di situs yang berkaitan. Ujian akan dilaksanakan di tempat terdekat dari lokasi tempa6t Anda tinggal. Namun, jika Anda ingin masuk dengan sistem ini, Anda harus dapat mengerjakan soal akademik yang lebih sulit dibandingkan dengan ujian nasional karena bobotnya memang berkali lipat lebih susah.

Ketiga adalah Masuk Bidik Misi IPB (Institut Pertanian Bogor) 2016. Jalur ini merupakan jalur yang diberikan kepada peserta yang kurang mampu akan tetapi memiliki nilai akademik dan kemampuan yang baik dan cukup cemerlang. Beasiswa tersebut diberikan ke mahasiswa untuk dapat melanjutkan kuliah selama 8 semester serta biaya hidup dari mahasiswa tersebut namun dengan syarat mahasiswa harus dapat mempertahankan nilai yang dimiliki selama berkuliah. Keempat adalah BUD atau Beasiswa Utusan Daerah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan serta mengembangkan daerah. Terdapat persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Jalur ini IPB laksanakan bekerja sama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
Share on Google Plus

About ita nita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar