Tepat Menyikapi Aturan Keselamatan Kerja


Adanya peraturan mengenai keselamatan kerja K3 di tempat kerja merupakan sebuah upaya melindungi Anda dan karyawan yang lainnya. Ada beberapa jenis lokasi kerja yang memungkinkan terjadinya kecelakaan kerja yang tinggi. Apabila kecelakaan kerja terjadi dan cukup fatal maka karyawan yang berada di tempat kejadian. Besar kemungkinan akan mengalami kondisi yang parah dan pasca kecelakaan akan mendapatkan cacat permanen seumur hidup. Kemungkinan ini tentu saja bisa terjadi pada siapa saja yang bekerja di lingkungan berbahaya.

Hidup dengan kondisi yang berbanding terbalik, dimana masih memiliki fisik sempurna dan terbiasa mudah melakukan banyak kegiatan. Kemudian dengan keterbatasan yang tiba-tiba dimiliki akan menghadirkan tekanan dan beberapa orang kurang bisa beradaptasi dengannya. Hidup yang merasa penuh dengan beban menjadikan banyak orang tidak bisa bangkit dan menatap masa depan. Kondisi yang demikian jelas merupakan kondisi yang tidak diharapkan oleh pihak manapun, termasuk Anda. Mencegah hal tersebut terjadi pada Anda, maka berikut cara tepat menyikapi peraturan keselamatan untuk pekerja K3 yang diberlakukan tempat kerja:

   1.       Memahami tujuan dari setiap peraturan

Peraturan yang diberlakukan sejatinya tidak hanya menguntungkan satu pihak saja, yakni perusahaan, tanpa menguntungkan karyawan di bawahnya. Sama halnya dengan perlindungan berupa peraturan K3 yang mana justru menguntungkan semua pihak. Pertama ialah mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan serius pada karyawan. Sehingga melindungi karyawan agar tidak menjadi pihak dengan kondisi fisik terbatas akibat kecelakaan kerja yang hebat. Kedua bermanfaat untuk perusahaan, jika kecelakaan dapat ditekan kemungkinan terburuknya. Maka kerugian perusahaan menanggung biaya pengobatan dan kemungkinan lainnya pun semakin kecil.

   2.       Mencoba menjadi karyawan teladan

Tidak ada salahnya berusaha menjadi sosok yang menginspirasi meskipun untuk hal-hal yang sifatnya sepele. Mematuhi peraturan yang berkaitan dengan keselamatan tentunya bukan menjadi hal yang berlebihan. Ketika mematuhi peraturan tersebut sebaik mungkin, apalagi meningkatkan kesadaran rekan kerja akan pentingnya mematuhi dan mengaplikasikan peraturan keselamatan kerja K3 yang ada. Menjaga keselamatan sejatinya bukan hanya tanggung jawab perusahaan namun tanggungan Kita semua.
Share on Google Plus

About ita nita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar